Selasa, 08 Februari 2011

APLIKASI TEKNOLOGI INFORMASI DI BIDANG PERTAHANAN KEAMANAN


MAKALAH APLIKASI TEKNOLOGI INFORMASI DI BIDANG PERTAHANAN KEAMANAN

NAMA                        : IRWINSYAH RAMADHAN AKIL
NO. STAMBUK        : 1010112oo17
JURUSAN                  : KOMUNIKASI
KONSENTRASI        : PUBLIC RELATIONS


KATA PENGANTAR

Puji syukur saya panjatkan kehadirat Allah SWT yang mana atas berkat, rahmat dan ridho-Nyalah saya dapat menyelesaikan makalah materi mata kuliah Pengantar Ilmu Informasi yang berjudul “Aplikasi Teknologi Informasi di Bidang Pertahanan Keamanan”. Saya mengucapkan terima kasih kepada seseorang yang saya cintai yang telah memberikan dukungan kepada saya dalam menyelesaikan makalah ini.
Saya menyadari kalau dalam menyusun makalah ini masih jauh dari kata sempurna. Oleh sebab itu dengan hati yang terbuka , saya mengharapkan kritik serta saran yang membangun guna kesempurnaan makalah ini. Semoga makalah ini bermanfaat bagi kita semua. Amin.

Makassar, 14 Januari 2011

BAB I
PENDAHULUAN

Disadari saat ini teknologi sangat berperan penting bagi kehidupan manusia secara langsung maupun tak langsung yang menjembatani antara kehidupan manusia dan pembangunan.
Pemahaman mengenai bagaimana peran penting Teknologi bagi alam dan manusia, bagaimana dasar pengembangan teknologi, proses peradaban dan perkenalan teknologi bagi manusia, manfaat teknologi bagi manusia, dan fungsi teknologi dalam kehidupan, serta dampak teknologi secara negatif maupun positif.
Era teknologi informasi merupakan era dimana manusia mendapat suatu kemudahan yang luar biasa dalam proses pembangunan menuju masa depan. Dalam kehidupan teknologi berhubungan erat dengan informasi yang merupakan penunjang dalam menciptakan pembangunan manusia yang lebih baik dan berpikir kritis.

 
BAB II
PEMBAHASAN

Kemajuan teknologi informasi dalam bidang pertahanan dan keamanan, faktanya juga membuat dunia kejahatan makin canggih. Praktek-praktek pencurian melalui jaringan computer dan internet, seperti pembobolan bank, penipuan transaksi dagang via internet, bahkan pembocoran rahasia sebuah institusi atau negara, juga makin sering terjadi.
Kemajuan teknologi komputer dan informasi ini, juga memungkinkan seseorang bisa dirusak kehidupan pribadinya dengan cara penyebarluasan informasi yang tidak benar dan gambar yang direkayasa menggunakan computer dan disebarkan melalui internet. Di beberapa tempat, adanya internet ternyata juga punya dampak negatif bagi banyak orang muda yang dengan mudah mengakses situs pornografi dan informasi yang provokatif dan menghasut dari kelompok-kelompok tertentu. Dan yang terburuk, terbukanya karena informasi akibat majunya teknologi informasi ini, membuat mereka yang tak siap menjadi bingung menyikapinya.

BAB III
PENUTUP

Diperlukan sebuah filter yang kuat agar pertahan dan keamanan teknologi informasi aman, Praktek-praktek pencurian melalui jaringan computer dan internet, seperti pembobolan bank, penipuan transaksi dagang via internet, bahkan pembocoran rahasia sebuah institusi atau negarasebuah rahasia Negara harus diamankan agar kerahasiaannya tidak bocor dan juga agar tindak kejahatan tidak meluas.

DAFTAR PUSTAKA
http://shafiyyah.blog.uns.ac.id

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar